Review: Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Facial Wash Cetaphil

Hello beauty babe, kali ini aku akan membahas salah satu facial wash favoritku yaitu Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Kalau sebelumnya aku sudah pernah membahas serum andalanku belakangan ini, yaitu Frudia Citrus Brightening Serum, sekarang aku akan membahas sabun pencuci muka andalanku di saat kulit sedang ngambek.

Siapa sih yang nggak tahu pembersih wajah untuk kulit sensitif yang satu ini? Kayanya sering banget ya denger nama Cetaphil jadi produk andalan orang-orang yang kulitnya sensitif, terutama si Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Aku agak lupa deh kapan pertama kali produk ini booming, tapi seingatku pertama kali aku mencobanya di sekitar tahun 2017. Meski banyak produk facial wash baru bermunculan, tapi hingga sekarang masih banyak orang yang tetap setia kembali lagi menggunakan si Cetaphil ini. Kenapa ya kira-kira? Yuk simak lebih lanjut!

Walaupun penggunaan facial wash itu cuma sebentar dan ujung-ujungnya dibilas, aku tetap tahu perbedaannya. Mana yang memberi efek apa, mana yang terasa kurang nampol, mana yang bersih banget rasanya, mana yang kurang melembapkan, dsb. Begitu juga saat menggunakan cleanser ini. Sebenarnya kulitku tidak tergolong kulit yang super sensitif ya, cuma kadang kulitku suka super kering dan kusam. Kalau sudah begitu aku lebih memilih rangkaian skincare yang lebih gentle seperti facial washnya Cetaphil ini.

Kemasan

Cetaphil Gentle Skin Cleanser menggunakan kemasan botol putih yang sisa isi produknya tidak dapat dilihat dengan jelas dari luar kemasan. Mengenai tutup kemasan, Cetaphil menggunakan tutup flip-top untuk kemasan berukuran 59 ml hingga 250 ml, sedangkan untuk yang kemasan 500 ml dan 1 liter tutupnya menggunakan pump.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Menurutku keberagaman kemasan Cetaphil ini sangat menarik karena kalau kalian baru ingin mencoba atau mau membawa facial wash ini untuk traveling, kalian bisa pilih kemasan yang paling kecil sekalipun. Tapi kalau sudah jatuh cinta sama produknya, mending beli yang 1 liter sekalian karena harganya tentu semakin besar semakin ekonomis. Ukuran yang besar juga menggunakan tutup kemasan pump, jadi masih bisa dipindah-pindah tuh isinya kalau mau traveling. Aku suka sama tutup pumpnya karena ada mekanisme penguncian agar produknya tidak mudah bocor.

Facial Wash untuk Kulit Sensitif

Berbicara mengenai harga, sebenarnya aku agak bingung sama harga aslinya karena seringkali berbeda tergantung kalian beli di mana.

Kalau kalian mau beli langsung, Cetaphil ini bisa dibeli di Guardian atau Watson, tapi harganya juga lumayan pricey kalau sedang tidak ada diskon. Kalau aku sih lebih sering belanja online karena lebih gampang membandingkan diskonnya hehehe. Biasanya sih aku beli di Watson online atau Sociolla tergantung mana yang lebih murah hehe.

Berikut aku beri info kisaran harganya ya!

  • 59 ml dengan kisaran harga hingga Rp 59.000*
  • 125 ml dengan kisaran harga hingga Rp 125.000*
  • 250 ml dengan kisaran harga hingga Rp 164.000*
  • 500 ml dengan kisaran harga hingga Rp 238.000*
  • 1 liter dengan kisaran harga hingga Rp 419.000*

*Harga normal di Sociolla.com

Manfaat Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah facial wash yang telah teruji dermatologi dan cocok untuk segala jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Cleanser ini memiliki formula yang unik, klaimnya dapat efektif membersihkan kulit dengan lembut dan menjaga kelembapan kulit karena diformulasikan dengan pH yang seimbang.

Buat kalian yang sensitif dengan wewangian, sabun cuci muka ini sama sekali tidak ada wangi-wangian alias fragrance free. Menariknya, meski formulanya dibuat tanpa scrub dan busa berlebih, sabun cuci muka ini teruji secara klinis tidak menyebabkan alergi atau hypoallergenic dan non-comedogenic, sehingga tidak akan mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori.

Facial wash untuk kulit sensitif dari Cetaphil ini dapat digunakan dengan dua cara, yaitu dengan air ataupun tanpa air. Selain itu, Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak hanya dapat digunakan untuk kulit wajah, tapi juga kulit tubuh untuk mandi (ya siapa tahu kulit badan kalian super sensitif atau sedang alergi).

Komposisi

Cetaphil Gentle Skin Cleanser mengandung Purified Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol dan berbagai kandungan lain yang selengkapnya dapat dilihat di bawah sini.

Komposisi Cleanser dari Cetaphil
Source: Website Cetaphil Indonesia

Formula

Karena facial wash ini lebih ditujukan pada orang-orang dengan kulit sensitif, maka formula dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser benar-benar dibuat nyaman untuk kulit. Jika diperhatikan, formulanya kental seperti sabun cair untuk mandi, bedanya sabun ini tidak mengeluarkan busa sama sekali ketika digosokkan ke kulit wajah.

Formula dari Facial Wash Cetaphil

Cara Penggunaan

Cara menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini sebenarnya ada dua cara, yang pertama dengan air seperti biasa dan yang kedua tanpa air.

Penggunaan Cetaphil Gentle Skin Cleanser dengan Air:

Keluarkan isi produk kira-kira satu pump, ratakan di wajah yang telah dibasahi sebelumnya lalu gosok dengan lembut secara merata dan bilas seperti biasa dengan air.

Penggunaan tanpa Air:

Keluarkan isi Cetaphil Gentle Skin Cleanser, ratakan di wajah dan gosok lembut ke seluruh wajah dengan gerakan memutar lalu bersihkan wajah dengan handuk bersih.

Kalau kalian terbiasa menggunakan facial wash dengan busa yang melimpah atau yang ada scrubnya, mungkin akan terasa aneh di awal pemakaian karena facial wash ini tidak menghasilkan busa sama sekali.

Aku pribadi lebih memilih menggunakannya tanpa air, tapi aku membersihkannya dengan handuk yang agak dibasahi. Aku dapat tips ini dari temanku dan ternyata hasilnya lebih optimal dibanding cara yang lain. Jadi kalian coba aja ya nyamannya gimana di kulit kalian!

Hasil di Kulitku

Seperti yang kita tahu, facial wash itu hanya beberapa detik atau mungkin semenit – dua menit di kulit kita dan habis itu pasti kita bilas jadi efeknya mungkin tidak sebesar pengaruh serum. Tapi aku merasa Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini adalah facial wash yang paling aman dan nyaman digunakan apapun jenis kulitnya dan bagaimanapun keadaan kulit kalian.

Kenapa aku bisa bilang begitu? Karena waktu kulitku bruntusan pun, facial wash ini bisa membantu kulit untuk semakin cepat sembuh. Kalau bruntusan kan kadang kulit terasa gak nyaman, bahkan kadang perih? Nah, setelah membersihkan wajah dengan Cetaphil kulit jadi lebih kalem, nyaman dan lembap. Tapi, aku tetap pakai hydrating toner untuk mengunci kelembapan kulitku.

Aku pernah mencoba menggunakan facial wash ini tanpa rangkaian skincare lanjutan lainnya, jadi cuma cuci muka aja di pagi hari. Surprisingly, facial wash ini tidak membuat kulitku tiba-tiba jadi berminyak ataupun kusam setelah beberapa jam. Selain itu, meski tidak mengandung busa dan scrub sama sekali, aku tetap merasa sabun ini dapat membersihkan wajah dengan super bersih sampai ke pori-pori tanpa rasa kesat atau ketarik sama sekali. Jadi benar-benar nyaman banget di kulit dan jarang banget ada komedo yang tertinggal. Tapi tetap, jangan lupa gunakan exfoliating toner ya untuk menjaga kulit agar tetap terbebas dari komedo!

Kesimpulan

Sesungguhnya aku tidak merasakan satu kekurangan pun saat menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Facial wash ini dapat membersihkan kulit dengan optimal, membuat kulit terasa nyaman, lebih lembap dan formulanya sangat lembut, sehingga cocok untuk segala jenis kulit. Rasanya hampir semua klaimnya benar, jadi aku sangat merekomendasikan produk ini buat kalian yang sedang berpikir untuk mengganti sabun cuci muka kalian!

 

You may also like

41 Comments

  1. ini adalah sabun wajah yang menolong saat kulitku jerawatan parahhh di tahun lalu. dan terpakai hingga saat ini.
    Awalnya ya gitu, aneh rasanya make face wash yg tanpa busa karena kebiasaan ada busanya. Tp lama-lama, terbiasa dan udh ngga ganti lagi 🙂

  2. Emang sedep banget si cethapil ini , aku udah pake 2 tahun tapi lagi stop karena emang mau discover something new aja , tapi kalo kulit bermasalah lagi, ya pasti balik lagi ke cethapil

  3. Aku belum pernah nyoba, dari dulu maju mundur mau beli takut ga cocok, huhu. Yang aku tau sih cetaphil ini aman buat wanita hamil dan busui. Nanti akan coba deh, thankyouu reviewnya dian ^^

  4. Gila… baru tau kalo ada yg ukuran seliter, itu cuci muka ngeliatnya apa gga bosen ya 😂 tipe org yg demen gonga ganti face wash wkwk

  5. sering banget denger orang bilang ini bagus. cuman belum berani coba krn ada yg bilang terlalu keras jg :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *