Singapore Day 1: Merlion Park, Garden by the Bay and China Town

Merlion

Belum ke Singapore namanya kalau belum fotoan di Merlion Park. Jadi Merlion Park ini lokasinya cukup jauh dari hostel tempat aku menginap. Setelah sampai di hostel, nitip barang dan istirahat sebentar kita langsung lanjut jalan. Kalau mau lihat postinganku sebelumnya tentang Singapore bisa lihat di sini ya.

Sayang banget karena hari pertama di Singapore cuacanya mendung dan kita masih agak bingung sama peta Singapore yang njlimet jalurnya warna warni itu. Hehe. Tapi berkat ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akhirnya kita sampai di Merlion Park setelah tanya kanan kiri, kehujanan dan mesti beli payung kecil yang sebenarnya aku ga rela (lebih ga rela juga beli air minum 2 SGD), terus rambut lepek, sepatu agak basah padahal aku kan ga bawa sepatu lagi dan ya sudah kebayang ga bisa bikin foto ala-ala Instagram yang kece-kece karena lepek.

Merlion Park

Kalau kalian mau ke Merlion Park sebaiknya pergi ke sana dengan MRT karena setahuku publik parkirnya terbatas. Tidak perlu khawatir karena jalan-jalan di kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Nah karena Merlion Park ini adalah landmarknya Singapore yang juga spot foto sejuta umat maka ya sabar-sabar aja ya ngantri fotoan ya!

Merlion Park lokasinya di seberang One Fullerton Hotel, luasnya sekitar 250 are. Jadi bayangin aja ya gimana capeknya jalan kali di sekitaran sana. Tapi demi hasrat jalan-jalan yang menggebu pasti dijabanin kan ya? Hehe

Merlion

Aku sendiri tidak mengambil foto dengan jarak dekat. Percayalah, penuh perjuangan untuk mengambil satu foto karena cuaca sedang tidak mendukung. Aku sama teman-temanku gantian fotoinnya dan ga mau kameranya basah, jadi lebih penting kamera yang pakai payung daripada orangnya. Hahaha dasar budak Instagram!

Di Merlion Park kita bisa melihat tatanan kota yang sangat rapi dan bersih. Kalau lihat patung sih di Bali sudah banyak, tapi yang buat aku kagum itu tatanan kotanya rapi banget. Sepertinya kita bisa lihat seluruh tatanan kota dari sini. Kalau kalian ada budget lebih bisa coba naik Singapore River Cruise atau perahu yang membawa kalian berkeliling di Merlion Park. Kalau tidak salah harganya 25 SGD dan lama perjalanannya sekitar 40 menit. Waktu itu sih aku ga naik karena hujan dan ga punya uang lol hehehee.

Berjalan-jalan di Merlion Park ini bagusnya di sore hari atau di malam hari. Kalau siang hari sepertinya terlalu panas mengingat di sini ga ada pohonnya. Tapi kalau sore dan cuaca sedang cerah sih pasti bagus fotonya. Tapi kalau kamu mau melihat gemerlap malam di Singapore, menikmati Merlion Park di malam hari juga tidak ada salahnya, asal kalau mau foto pakai kamera agar cahayanya bagus.

Gardens by the Bay

Selanjutnya setelah dari Merlion Park, aku dan teman-temanku yang tidak kusebutkan namanya itu (habis ini dikick dari grup) menuju Gardens by the Bay. Masih dalam suasana mendung hujan rintik-rintik tapi kita bersikeras tetap mau ke Gardens by the Bay. Sebenarnya jarak dari Merlion Park ke Gardens by the Bay tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1,5 atau 2 km tergantung kalian lewat mana jalannya. Aku lupa waktu itu kita jalan kaki atau ada naik MRTnya, pokoknya sampai aja gitu di Gardens by the Bay.

Sebenarnya untuk mengunjungi Gardens by the Bay ini ada tiket masuknya sekitar 28 SGD tapi lagi-lagi kami tidak membeli tiket (traveler gembel). Beberapa spot di Gardens by the Bay ini tetap dapat dinikmati tanpa harus membeli tiket masuk, salah satunya supertree grove. Jadi supertree grove ini adalah pohon solar buatan, keren dah pokoknya.

Merlion

Merlion(Beberapa gambar Supertree Grove)

Bukan hanya Supertree Grove yang gratis tapi ada juga Dragonfly and Kingfisher Lakes yaitu taman di pinggiran danau yang enak buat jogging kalau sore-sore. Sebenarnya banyak akses yang gratis di Gardens by the Bay cuma ya harus kuat jalan kaki kalau benar-benar mau keliling. Kalian bisa lihat di websitenya di taman yang mana saja yang gratis atau yang berbayar.

Kalau kalian bayar tiket masuk kalian akan bisa dapat akses ke Flower dome yaitu salah satu green house terbesar di dunia. Bunganya cantik-cantik banget walaupun aku cuma lihat di foto hehee.

Merlion(CDKP from Singapore)

Ada juga Cloud Forest. Ini nih taman yang ada waterfallnya yang terkenal itu. Kalau mau lihat semua taman dari atas kalian bisa coba naik OCBC Sky Way dengan membayar tambahan SGD 8. Yaa memang kalau yang berbayar tamannya lebih indah dari yang gratisan, tapi yang gratisan aja sudah buat aku takjub dan lumayan gempor jalan kaki.

Merlion

Bermain di Gardens by the Bay ini sepertinya akan lebih menyenangkan saat sore hingga malam hari. Kalau sore foto-foto dan jogging, kalau malam kalian bisa menikmati indahnya lampu-lampu taman yang berganti-ganti sesuai tema saat itu. Kalau aku sih rasanya kurang ya menjelajahi Gardens by the Bay satu hari. Mungkin kalau waktu itu aku bayar tiket masuk sepertinya aku ga mau balik ke hostel sebelum melihat gemerlap lampunya. Ogah rugi rugi club.

China Town

Lelah menjelajahi Merlion Park dan Gardens by the Bay kami memutuskan untuk makan malam di daerah China Town. Jarak dari Gardens by the Bay ke China Town sekitar 2 km. Lagi-lagi aku lupa waktu itu jalan kaki atau naik MRT. Kalau kalian mau naik MRT dari Gardens by the Bay kalian ke luar dulu ke Bay Front lalu cari MRT ke arah China Town (line yang warna ungu).

Merlion

China Town ini sebenarnya pasar malam tapi kok bagus ya? Hehee
Banyak sekali ragam yang dijual di China Town ini. Ada oleh-oleh khas Singapore sih sebagian besar dan juga food streetnya yang super beragam sampai bingung mau makan apa. Untung tidak ada drama mau makan apa diantara kita.

Di China Town aku makan malam sama teman-teman. Supaya ga mikir, aku pesan BBQ pork gitu, tenang ada nasinya kok jadi aman. Aku lupa harganya berapa tapi kayanya sekitar Rp 75.000 kalau dirupiahkan beserta air minum. Tapi ga cuma pork yang ada di sini, ada juga berbagai jenis mie dan makanan kuah-kuah lainnya yang aku ga tahu itu apa. Daripada salah pesan saat lapar terus temen-temen jadi korban kemurkaan lebih baik aku makan yang aku tahu aja deh!

Merlion

Setelah berkeliling di China Town kami kembali ke hostel dengan kaki yang cenut-cenut karena jarang jalan kaki. Ready for next trip tomorrow? Yeaah, tunggu updateannya ya!