Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Hello beauty babes, yang rindu liburan mana suaranya? Hehe. Bersyukur banget tinggal di Bali karena jalan sedikit juga sudah sampai di tempat liburan. Banyak pilihan juga dari yang free entry sampai harga entrynya jual ginjal juga ada, tinggal dipilih saja. Kalau aku sih suka tempat yang ada air-airnya, seperti beach club hehe. Tapi kali ini aku merasakan liburan dengan aktivitas outdoor yang berbeda, yaitu bermain ATV!

Sebenarnya bermain ATV bukanlah hal yang baru lagi di Bali. Berkendara dengan motor besar di jalanan yang penuh rintangan ini sudah ada bertahun-tahun lalu tapi aku merasa kurang tertarik untuk mencobanya karena aku males banget naik motor sendiri, sukanya digonceng. Hahaha! Tapi bermain ATV menjadi pengalaman menarik karena biasanya kan kita macet-macetan di jalan raya. Kalau naik ATV mah engga bakalan kena macet karena kita mainnya di jalanan berlumpur, becek, sawah-sawah atau kebun gitu, cuma ya tekstur jalannya gak rata jadi penuh perjuangan buat mengendarai motor yang bodynya besar ini. Yaelah, tekstur. Kaya beauty blogger aja, hahaha.

Beberapa saat yang lalu aku berkesempatan mencoba naik ATV di Bali Sunset Adventure, lokasinya di:
daerah Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar, Bali 80571 (Google Maps)

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum bermain ATV antara lain:
1. Baju ganti lengkap satu set
2. Sunscreen
3. Sepatu boots (sudah disediakan)
4. Helm (sudah disediakan)
5. Plastik untuk tempat baju kotor setelah bermain (sudah disediakan)
6. Plastik untuk digunakan di kaki sebelum menggunakan sepatu boots sehingga kaki tidak lecet (sudah disediakan)
7. Handuk (sudah disediakan)
8. Sport camera agar lebih aman. Kalau mau bawa handphone lebih baik menggunakan case yang anti air atau hapenya dikalungin gitu biar gampang. Hehe

Kita berangkat dari Denpasar sekitar pukul 7.30 pagi dan sampai di Bali Sunset Adventure sekitar satu jam perjalanan, tidak begitu jauh dari Denpasar sehingga tenaga kita masih terkumpul.
Sesampainya di lokasi kita diberikan air minum kemasan, ada juga yang memesan kopi karena masih pagi dan udaranya juga lumayan dingin.

Setelah itu kita diberi arahan oleh petugas Bali Sunset Adventure, mereka bilang kita harus pakai sepatu boots. Hmm okay, baguslah. Jadinya sepatuku tidak kotor pulang dari main ATV. Hehe
Sebelum bersepatu kita disarankan memakai kantung plastik sebagai pengganti kaos kaki agar kaki kita tidak lecet saat menggunakan boots. Selain itu, karena rombonganku lumayan banyak sekitar 30 orang jadi tentu saja sepatu yang tersedia tidak akan sesuai ukuran kita karena rebutan. Sebagian besar orang pasti kebesaran sepatu termasuk aku, padahal aku sudah memilih size yang lumayan kecil. Dasar kurcaci!
Jadi menurutku menggunakan kantung plastik sebelum sepatu boots sangat penting!
Tidak hanya menggunakan sepatu boots, kita juga disediakan helm. Nah aku lumayan suka dengan helmnya karena walaupun satu ukuran dan tipenya unisex, helmnya tidak kebesaran di kepalaku yang mini ini. Pengalaman sebelumnya saat bersepeda ataupun aktivitas lain yang menggunakan helm, pasti aku selalu kebesaran helm. Sedih.

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Sudah selesai dengan persiapan helm dan sepatu boots, kita langsung menuju parkiran ATV. Oh iya, harga mengendarai ATV yang single dan double seat berbeda ya. Kalian bisa kontak Bali Sunset Adventure untuk nego harganya langsung, biasanya sih kalau orang lokal dikasih diskon apalagi kalau rame-rame. Hehe

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Mengendarai ATV tentunya sedikit berbeda dengan mengendarai sepeda motor biasa. Kalau sepeda motor biasa rodanya dua dan sebagian besar sekarang sih mesinnya matic. Nah kalau ATV ini rodanya empat dan besar-besar banget. Mesinnya tetap matic dengan gear di sisi kanan badan motornya yang terdiri dari tiga gear yaitu gear maju, netral dan gear mundur. Ternyata gear di motor besar ini sangat membantu dalam berkendara, karena kita ngga mungkin menurunkan kaki kalau mau mundur, jadi mundurinnya seperti mengendarai mobil. Selain perbedaan pada gear maju mundur cantik, mengendarai ATV ini gasnya tidak seperti mengendarai motor, melainkan seperti menekan tuas di bagian handle tangannya. Tidak ada klakson dan spion pada ATV, jadi lebih gampang move on kan kalau ngga lihat ke belakang lagi? *eh. Mengendarai ATV juga butuh tenaga yang besar terutama ketika harus membelokkan setir karena berat banget, kamu ga akan kuat, biar Dilan saja!
Petugas Bali Sunset Adventure juga menyarankan selama berkendara jangan menurunkan kaki bagaimanapun keadaannya, jadi main di keseimbangan gear dan tuas gas saja seperti bermain mobil-mobilan tapi motor (?).

Setelah diberi briefing dan pembagian motor, akhirnya kita berangkat!

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Awalnya sih kita ngga langsung mengendarai di jalanan yang penuh batu, lumpur dan rintangan berat seperti beban hidup ini. Jadi sambil menyesuaikan dalam mengendarai ATV kita diajak jalan-jalan ke jalanan aspal dengan pemandangan sawah dan pedesaan yang masih asri, adeeeeem banget! Benar-benar beda suasananya dengan di jalanan ibu kota yang sekejam ibu tiri, meskipun kita sudah terbiasa berkendara di jalanan rame, naik ATV ini benar-benar ada sensasi refreshingnya.

Setelah sampai di TKP, barulah kita berkubang di lumpur yang becek banget. Hahaha. Bali Sunset Adventure seperti sudah punya trek tersendiri untuk bermain ATV. Kita mainnya sekitar 1,5 ā€“ 2 jam gitu, aku lupa sih berapa lama saking serunya tabrak-tabrakan, kotor-kotoran sambil ngetawain temen-temen yang jatuh. Ya, main beginian memang lebih seru kalau rame-rame.

Serunya main ATV di Bali Sunset Adventure

Akhirnya setelah sekitar dua jam bermain, kita kembali ke start parkiran ATV, bersihin badan yang kena lumpur, ganti baju dan nyantai sebentar sambil kirim-kirim foto lalu upload di Instagram.
Overall kalau kalian merasa penat dengan kehidupan di kota, atau pengen mencoba berkendara di tempat yang lebih tenang sambil menikmati pemandangan dan sedikit workout maka bermain ATV merupakan pilihan yang tepat meski harus berkotor-kotoran. Jangan takut, karena berani kotor itu baik!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *