Singapore Day 2: Madame Tussaud & Universal Studio Singapore

Universal Studio

Hola, tiba-tiba sudah pagi saatnya jalan-jalan. Ini hari kedua kami di Singapore. Perjalanan sebelumnya bisa kalian baca di sini.
Karena ada kesalahan teknis dari pihak hostel, kami harus pindah hostel. Ya kami terpaksa check out dini hari (tapi tidak lupa untuk ambil sarapan gratisnya dulu hahaha). Untungnya jarak antar hostel tidak begitu jauh, jadi kami masih bisa membawa tas untuk dititipkan di hostel sebelum jalan-jalan seharian (karena check in kan biasanya jam 2 siang tapi kami mau memulai hari sepagi mungkin).

Rencananya pada hari ini kami akan ke Madame Tussaud terlebih dahulu berlima, lalu karena jarak Madame Tussaud ke Universal Studio Singapore tidak terlalu jauh kamipun berencana ke sana dan akhirnya berpisah menjadi dua grup karena kedua temanku akan menonton konser Coldplay saat itu sedangkan aku lebih memilih main dong di USS.

Madame Tussaud
Lokasi: 40 Imbiah Rd, Imbiah Lookout, Sentosa Island, Singapore 099700
Harga Tiket: Rp 294.000 (Harga Traveloka pada saat itu, kami membeli jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Singapore)
Jam Operasional: Weekdays 10AM-6PM, sedangkan weekend 10AM-7:30PM

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Madame Tussaud Singapore. Madame Tussaud sendiri merupakan tempat rekreasi yang terdapat berbagai patung lilin yang menyerupai artis-artis terkenal dan tokoh-tokoh penting di dunia. Ya lumayanlah buat foto-foto bareng artis.

Universal studio(Ini foto di Sentosa Island sebelum masuk ke Madame Tussaud)

Sebelum selfie-selfie sendiri ternyata ada part yang entertaining juga loh, aku kira hanya foto-foto sesuka hati sampai puas hehe. Pertama-tama kami dijelaskan sejarah berdirinya Singapore yang terdiri dari berbagai suku dan berawal dari perdagangan antar China-Melayu di kawasan Asia. Hal yang aku suka adalah mba-mba yang jelasin very fun, very entertaining, dia seperti tidak sedang bekerja tapi benar-benar bercerita dengan binar-binar di matanya. Jarang loh ada orang yang seperti itu. Aku jadi gak ngerasa ada di pelajaran Sejarah yang membosankan. Kalau sekolah diajarkan seperti ini mungkin anak-anak lebih semangat ya belajarnya!

Selanjutnya kami berkeliling dengan boat kecil untuk melihat berbagai budaya Singapore yang mostly Chinese things sih yang aku lihat saat itu. Ada barongsai dan etnik-etnik Cina berwarna merah. Ini juga gak kalah seru, sayang rutenya kurang panjang hahaha.

Universal Studio(Suasana river boat di Madame Tussaud)

Here you go, ini dia waktunya selfie-selfie sampai puyeng. Sumpah ya, patung lilinnya semirip itu sama aslinya. Dari bentuk wajah, style mereka sampai rambut-rambutnya detail banget.

Universal Studio(Ketemu Pak Sukarno, Yeaaay!)

Universal Studio(Nge-gibah bareng Audrey Hepburn)

Universal Studio(Ini genk udah pada ngumpul jadi gibahnya makin rame sambil ngeteh cantik)

Sayang beribu sayang, padahal aku semangat ke Madame Tussaud buat ketemu Lee Min Ho atau Justin Bieber tapi aku gak lihat mereka. Ya mungkin lagi sibuk kerja kali ya hahaha. Tapi gak apa karena ketemu sama Zayn Malik my love!!!

Universal Studio

Universal Studio

Kami bermain di Madame Tussaud hingga siang hari karena masih harus ke Universal Studio dan main sampai gempor!

Universal Studio Singapore
Lokasi: 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island Singapore 098269
Harga Tiket: Rp 594.000 (Beli dari Traveloka sebelum berangkat ke Singapore)
Jam Operasional: Minggu-Kamis pukul 10AM-7PM, Jumat pukul 10AM-6PM, Sabtu pukul 10AM-10PM

Universal Studio

Akhirnya, aku bisa ke tempat idamanku. Rasanya senang banget bisa menginjakkan kaki di Universal Studio Singapore karena memang dari dulu banget aku ingin main-main di sini. Aku juga baru tahu kalau ternyata bola dunia tempat berfoto sejuta umat yang ada di Universal Studio ini letaknya di depan pintu masuk, jadi buat kalian yang gak beli tiket Universal Studio juga bisa berfoto di sini.
Ya tentunya aku tak melewatkan untuk berfoto di tempat ini seperti orang-orang pada umumnya dan di sinilah aku dan dua orang temanku berpisah. Yap, dua orang temanku yang perempuan akan pergi menonton konser Coldplay, sedangkan aku dan dua teman laki-laki akan menghabiskan waktu bermain di Universal Studio Singapore. Yeaay!

Universal Studio

Universal Studio

Hal yang agak kurang menyenangkan dari bermain di amusement park adalah proses antre. Tapi kalian tidak perlu khawatir kepanasan atau sesak nafas dan bau ketek karena hampir semua wahana di sini terutama yang indoor sudah dilengkapi AC, jadi ya bakal baik-baik aja ngantrenya ga pakai emosi. Kalau kalian ada budget lebih dan tidak mau antre, lebih baik kalian beli tiket free pass di Universal Studio. Jadi pada saat antre kalian akan berada di line yang berbeda dan lebih cepat deh naik wahananya.

Universal Studio

Universal Studio

Wahana yang wajib dicoba versi aku:

Transformer
Transformer ini termasuk best ride di Universal Studio Singapore. Sebelum naik wahananya, kami diberi kacamata 3D (tiga dimensi) agar permainannya terasa lebih nyata. Antreannya lumayan lama tapi aku tetap excited! Meskipun wahana ini di dalam ruangan alias indoor, tapi ternyata seseru itu. Gerakan mobilnya, efek dan ambience yang dihasilkanpun benar-benar terasa nyata kalau kami sedang melawan musuh! Hahaha

Sejujurnya aku gak ada foto indoornya seperti apa karena aku hanya pegang handphone disaat lagi jalan diluar atau istirahat. Aku benar-benar fokus dan ingin menikmati permainan jadi tas dan segala macam barang bawaan aku taruh di loker. Lagipula beberapa wahana memang mengharuskan untuk menaruh barang bawaan di loker.

Revenge of the Mummy
Salah satu wahana yang membuatku takjub adalah Revenge of the Mummy. Rasanya pengen naik ini berkali-kali. Ada kejadian lucu sih waktu naik wahana ini. Jadi kami bertiga sebelum antre maunya menaruh barang-barang di loker karena khawatir nanti handphone ataupun jam kami beterbangan ketika wahananya bolak-balik. By the way di Universal Studio ada banyak spot loker jadi kalian bisa menaruh barang-barang kalian di loker terdekat wahana yang sedang kalian naiki. Ya meskipun jadi agak repot karena harus pindah-pindah loker beberapa kali karena tempat ini sangatlah luas. Daan, seingatku karena wahana Revenge of the Mummy ini juga merupakan best ride-nya Universal Studio Singapore, jadinya loker di dekat wahana ini primadona sekali dan ada batas waktunya. Aku lupa berapa menit gratisnya, selanjutnya berbayar. Kunci lokernya pakai tanggal lahir kita gitu seingetku. Nah, untuk mengakalinya, untung sih kami pergi bertiga. Jadi sebelum waktu sewa loker habis, kami ke loker lagi untuk pindah kotak loker dan menggunakan tanggal lahir kami bertiga bergantian sebagai kode. (Semoga kalian ngerti sih maksudku hahaha). Lumayanlah hemat buat sewa loker.

Universal Studio

Universal Studio(Suasana sebelum masuk ke area Mummy Revenge)

Antrean di Revenge of the Mummy juga cukup panjang. Oh iya, buat kalian yang bepergian dengan jumlah ganjil seperti aku yang saat itu bertiga di Universal Studio, saat baru masuk antrean kalian bisa bilang ke penjaganya kalau kalian mau pilih yang single rider. Jadi bakal ada yang berdua di antrean biasa dan satu lagi teman kalian di single rider. Keuntungan mengantre di single rider juga antreannya lebih cepat daripada yang biasa karena nanti kalian akan dipasangkan dengan orang lain secara random. Ya siapa tahu ketemu jodoh kan ya?

Revenge of the Mummy ini adalah roller coaster indoor yang sumpah keren banget, kalian harus coba! Berbeda dengan Transformer, di sini kalian tidak menggunakan kacamata 3D karena misinya sih gak ngelawan musuh. Tapi walaupun tanpa kacamata 3D, efeknya bener-bener terasa, jadi misal ada api gitu nyembur di kanan atau kiri kita ketika lewat, ya beneran terasa panas. Naik roller coaster biasa aja udah ngeri kan ya, apalagi ini pakai acara ada mumi-muminya. Sumpah seru banget!

Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON
Kalau tadi kami sudah bermain roller coaster yang indoor, sekarang saatnya main roller coaster yang outdoor. Kalian akan melihat wahana ini dari manapun di area Universal Studio karena memang rutenya panjang tidak seperti roller coaster biasa yang ngantrenya lama, mainnya cepat. Aku suka banget naik roller coaster jadi yaudah naik aja. Seingatku roller coaster ini ada 2 jenis, yang pertama ada dudukan dan pijakannya seperti roller coaster biasa dan yang satu lagi kita menggantung gitu jadi kakinya gelayutan dan relnya di atas bukan di bawah. Tebak dong kami naik yang mana? Hehhee iya dong tentu yang lebih ekstrim, yang relnya di atas dengan kaki bergelantungan.

Universal StudioNgeri-ngeri sedap. Pemandangan Universal Studio bisa terlihat jelas dari atas (kalau kalian gak merem sih ya).

Selanjutnya aku naik beberapa wahana lagi yang lebih santai. Aku sempat naik wahana yang ada dinosaurusnya, lupa namanya apa kalau ga salah sih Jurassic Park Canopy Flyer dan yang terakhir biar lebih chill kami naik river boat di Madagaskar. Satu-satunya wahana yang aku pengen naik tapi gak jadi adalah Jurassic Park Rapids Adventure yaitu wahana dengan latar sungai buatan dimana nanti baju kita bakal basah kena ciprat-cipratan air. Karena aku gak mau basah-basahan terutama sepatu, yaudah ga naik itu deh.

Universal Studio

Sebelum pulang kami main-main di beberapa merchandise store di Universal Studio. Tidak lupa kami ke Candylicious buat beli coklat (waktu itu di Bali belum ada soalnya hahaha). Kami leyeh-leyeh dulu di depannya sebelum balik karena kaki kami gempor. Oh iya, pada saat bermain kami juga istirahat beberapa kali, bukan yang langsung hajar semua wahana tanpa henti. Kami sempat membeli churros dan juga makan siang di salah satu tempat makan yang ada di Universal Studio.

Universal Studio

Universal Studio(Makan siang di salah satu tempat makan Universal Studio)

Universal Studio(Surganya coklat)

Universal Studio(Aku kayanya bisa jadi minion saking mininya)

Untuk harga makanan dan merchandise di sini menurutku tergolong mahal sih ya, namanya juga tempat wisata. Aku lupa berapa harga seporsi ramen yang aku makan waktu itu, seingatku tidak lebih dari Rp 200.000 tapi aku kurang impressed karena rasanya biasa saja menurutku.
Buat kalian yang on budget, gak mau spending too much money di Universal Studio mungkin bisa membawa tumbler karena isi ulang air minum di sini gratis, jadi ya minimal kalian gak akan dehidrasi karena kehausan.

Oke itu dia ceritaku untuk perjalanan hari ini. So much fun and I can’t forget the ambiance until today. Aku juga ingat sepulang dari Universal Studio aku benar-benar tepar dan aku agak pusing jadi di malam hari aku gak ikut sama temen-temen buat jalan-jalan ke Helix Bridge padahal bagus banget lampu-lampunya, gila!

Universal Studio

Semoga tulisanku dapat membantu ya! Intinya aku sarankan kalian mempersiapkan tiket-tiket dari Indonesia dan sampai di sana kalian sudah tahu mau ke mana, daerah A dekat dengan apa saja biar sekalian gitu jalannya gak bolak-balik makan waktu.

See you on my next post!

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *