Review: Frudia Citrus Brightening Serum

Hola beauty babes, kali ini aku mau review sebuah serum yang sudah aku pakai sekitar satu bulan, yaitu Frudia Citrus Brightening Serum. Kalau kalian mengikutiku di Instagram, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan serum ini. Seperti yang kita ketahui Korean skin care masih booming di mana-mana, termasuk si Frudia ini. Kalian penasaran kan gimana hasil penggunaan Korean serum ini di kulitku? Yuk simak lebih lanjut!

Sebenarnya di awal penggunaan aku agak khawatir kalau bakalan kurang cocok dengan serum ini karena ada kandungan vitamin C-nya, sedangkan aku pribadi agak tricky kalau mau menggunakan produk yang mengandung vitamin C. Jadi untuk beberapa hari pertama aku hanya mencoba serum vitamin C dari Frudia ini di malam hari setelah menggunakan hydrating toner dari Pyunkang Yul. Aku tidak menggunakan skin care lain dengan bahan aktif tertentu seperti exfoliating toner dari COSRX One Step Original Pad karena kulit akan lebih sensitif jika bertemu terlalu banyak bahan aktif dalam satu kali rangkaian skin care. 

Selain itu, penggunaan skin care dengan vitamin C tidak disarankan dibarengi dengan produk yang mengandung AHA/BHA/PHA karena akan membuat kulit menjadi semakin sensitif. Jadi kalau mau pakai exfoliating toner, jangan dulu pakai skin care dengan ingredient pencerah seperti vitamin C dan Niacinamide dalam satu kali rangkaian skin care dan vica versa. Semoga kalian paham ya maksudku di sini!

Lanjut yuk kenalan dengan Korean beauty product dari Frudia!

Kemasan:

Frudia Citrus Brightening Serum

Isi Frudia Citrus Brightening Serum cukup banyak, yaitu 50 ml dan dikemas dalam botol kaca berwarna kuning cerah senada dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Untuk mengeluarkan produknya, Frudia menggunakan pump dengan pelindung plastik yang juga berguna agar sisa serumnya tidak berceceran di sekitar pump. Walau botolnya terbuat dari kaca, kemasan serum ini sama sekali tidak bocor selama dibawa bepergian (aku sudah mencobanya). Selain itu, meski dibalut dengan warna yang colorful, kita tetap dapat melihat sisa produknya dari luar. Aku sangat menyukai kemasan dari serum ini, sepertinya pihak Frudia sangat pintar untuk membuat packaging yang cantik, kokoh, secure dan berfungsi dengan baik (pump yang berkualitas serta sisa produk yang dapat dilihat dari luar).

Ingredients:

Frudia Citrus Brightening Serum
Source:Frudia USA

Manfaat dari Frudia Citrus Brightening Serum:

Ini dia manfaat penggunaan serum vitamin C dari Frudia:

1. Memberi kelembapan untuk kulit yang mudah dehidrasi

Jadi kalau kalian baca ingredientsnya, Frudia ini mengandung berbagai fruits seed oil, ada yang dari mango, grapefruit, dan pomegranate, yang dapat menyegarkan dan merawat kelembapan kulit.

2. Mencerahkan kulit kusam dan mengurangi noda di wajah

Frudia Citrus Brightening Serum mengandung vitamin C dari Citrus Unshiu Peel Extract (71%) yang merupakan ekstrak buah tangerine dari Jeju. Selain itu, serum ini juga mengandung Niacinamide yang berfungsi mengunci kadar air pada kulit, mencerahkan kulit dan mengurangi bekas-bekas jerawat. Pantas saja serum ini disebut brightening serum, karena hampir sebagian besar kandungannya memang berfungsi membuat kulit cerah dan segar. 

Formula:

Berbicara mengenai formula, aku sangat menyukai formula dari Frudia Citrus Brightening Serum ini. Bagaimana tidak? Serum vitamin C ini benar-benar cepat meresap ke dalam kulit dalam hitungan detik, tanpa rasa greasy sama sekali. Serum ini dapat memberikan efek kulit yang lebih lembap dan halus dalam sekali pemakaian. Hanya butuh satu pump untuk penggunaan ke seluruh wajah. Ketika produknya dikeluarkan kalian akan mencium wangi citrus yang menyegarkan, namun tentu wanginya hanya sebentar dan tidak mengganggu ketika serumnya digunakan.

Frudia Citrus Brightening Serum

Serum ini kekentalannya lebih seperti essence, tidak sekental serum-serum pada umumnya, Mungkin hal itu juga yang membuatnya cepat meresap. Oh ya, serumnya berwarna putih susu dengan sedikit glitter yang akan menyatu sempurna ketika melekat di kulit kita. Please note that glitter-nya sama sekali tidak mengganggu dan tidak berlebihan ya guys!

Cara Penggunaan:

Gunakan Frudia Citrus Brightening Serum dua kali sehari, setelah mencuci wajah dengan facial wash dan menggunakan hydrating toner. Keluarkan produk secukupnya sekitar satu atau dua pump dan oleskan merata pada seluruh wajah dengan lembut sampai meresap.

Hasil di Kulitku:

Selama sekitar satu bulan pemakaian aku merasa cukup puas menggunakan Frudia Citrus Brightening Serum. Rasanya aku telah menemukan the best vitamin C serum yang cocok dan gak bikin aku breakout. Jujur aja aku harus agak tricky kalau mau mencoba produk dengan kandungan vitamin C, padahal aku butuh untuk mencerahkan kulit yang kusam dan mengurangi bekas jerawat.

Hal yang pertama aku rasakan setelah beberapa hari berani merutinkan diri untuk mencoba Frudia Korean serum ini adalah kulitku jadi lebih terhidrasi, halus dan lembut, selain itu makeup juga jadi lebih nempel dari biasanya. Pantas saja para MUA (Make Up Artist) banyak yang merekomendasikan Frudia sebelum penggunaan makeup. Apabila di malam hari setelah penggunaan serum ini aku menggunakan sleeping mask, keesokan harinya kulitku jadi lebih glowing. So happy!

Ini dia hasilnya di kulitku. Semua foto ini aku ambil dari kamera depan HP tanpa makeup complexion dan tanpa edit sama sekali. Sebenarnya aku mulai pakai serumnya sekitar tanggal 8 atau 10 Januari, tapi karena aku tidak berekspektasi apa-apa jadi aku tidak punya foto before-after yang proper.

14 Januari 2020

 

20 Januari 2020

 

16 Februari 2020

 

Kalau untuk efek mencerahkan kulit dan mengurangi bekas jerawat, aku baru merasakannya di sekitar minggu ke 3 atau ke 4 pemakaian. Beberapa bulan belakangan ini di bagian dahiku lumayan banyak ada bruntusan dengan bekasnya yang super mengganggu dan akhirnya membaik setelah rutin menggunakan serum dari Frudia ditambah rajin maskeran. Senang sekali rasanya kulit jauh lebih sehat setelah mengenal Frudia!

Aku juga notice kalau setelah menggunakan Frudia Serum aku tutup rangkaian skin care malamku dengan sleeping mask yang mengandung Rice extract seperti COSRX Ultimate Nourishing Rice, bekas jerawat dan noda hitam di wajah jadi mulai memudar dan kulit jadi lebih cerah. Rasanya gabungan kedua produk ini akan menjadi holy grail aku selama memerangi bekas jerawat.

Kesimpulan:

Frudia Citrus Brightening Serum works on my skin even kulitku lagi bruntusan. Serum ini membantu tekstur kulitku membaik dan lebih sehat.  Untuk efek lembap dan hydratingnya bisa didapat sejak pemakaian pertama. Kalau untuk mencerahkan dan mengurangi bekas jerawat sepertinya perlu waktu setidaknya satu bulan.

Saranku, untuk tampilan kulit lebih glowing dan super hydrating, kalian bisa gunakan Laneige water sleeping mask setelah penggunaan serum ini di malam hari. Namun untuk kulit lebih cerah dan memudarkan bekas jerawat yang lebih ampuh, kalian bisa gunakan overnight spa mask dari COSRX Ultimate Nourishing Rice setelah menggunakan Frudia Citrus Brightening Serum. Kalau aku sih pakainya bergantian, hehe.

Sejauh ini aku belum menemukan kekurangan dari produk ini karena serumnya tidak memberikan sedikitpun efek negatif di kulitku. Buat kalian yang mau mencoba Frudia Citrus Brightening Serum atau produk Frudia lainnya, mereka tersedia di official storenya Frudia di Shopee atau Tokopedia dengan harga Rp 400.000. Semoga kalian teracuni ya!

You may also like

44 Comments

  1. aku kaget banget lo dian ternyata aku juga cocok pake frudia kan aku sekarang lagi sensitif banget kulitnya, emang bagus buat hydrating skin, aku sekarang rutin pake malem malemnya aja, soalnya uda mulai muncul banyak freckles

  2. Emg kombinasi yg menarik si citrus dipadu sm rice kaya sleeping mask yg biasa kk pake
    Recommend nih ya pke bekas jerawat
    Btw klo flek bs ga ya pudar dg cara yg sama?

  3. Aku belum coba sampe setengah botol, karena ini mengandung vit.c dan kulitku masih sering ada beberapa jerawat gitu. Jadi lebih hati”, Tapi emang sih, pernah pake 3 hari berturut” emang bikin lembut dan lebih cerah kulitnya dan ya memudarkan bekas jerawat, hanya saja…belum bisa pake rutin. Kalo rutin wahh…bisa kinclong benerannn pasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *