COSRX One Step Original Pad Review

COSRX One Step Original

Hello beauty babes, kali ini aku akan membahas salah satu toner pad yang menjadi kecintaan aku selama beberapa bulan terakhir yaitu COSRX One Step Original Pad. Perlu diketahui bahwa produk ini tergolong exfoliate toner, jadi untuk kalian yang belum terbiasa menggunakan toner yang ada fungsi eksfoliasinya, simak dulu penjelasanku ya, jangan asal beli karena ini cocok di aku dan belum tentu bekerja dengan baik di kulit wajah kalian, apalagi kalau penggunaannya salah.

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan (dalam hal ini pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit wajah). Sebenarnya, fungsi utama sebuah toner adalah mengembalikan PH kulit setelah mencuci wajah dengan facial wash agar kembali ke PH normal. Namun karena teknologi semakin berkembang kan ya, fungsi toner juga jadi diupgrade tidak hanya untuk mengembalikan kelembaban atau PH kulit, tapi ada juga yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara kimiawi (chemical exfoliate) dan ada juga yang berfungsi menghidrasi kulit wajah (hydrating toner).

Dalam hal ini, COSRX One Step Original Pad tergolong exfoliate toner. Maka dari itu buat kalian yang belum pernah menggunakan produk dengan chemical exfoliate, harap diperhatikan cara penggunaannya, karena kalau digunakan dengan cara yang salah akan berakibat kulit kalian semakin sensitif dan rasanya tipis, bisa purging atau breakout juga loh. Lebih baik kalian mulai menggunakan produk chemical exfoliate di atas usia 20 tahun. Simak lebih lanjut yuk penjelasannya!

Kemasan:
COSRX One Step Original Pad dikemas dalam tabung plastik yang cukup besar dengan desain yang simpel khas COSRX tanpa neko-neko. Tabungnya lumayan kokoh, desain minimalis dari toner pad ini juga tetap ciamik dengan dominasi warna putih dan merah yang dihiasi gambar Mr. RX di bagian tutup kemasan.

COSRX One Step Original

COSRX One Step Original

Bagi kalian yang gemar bepergian, sepertinya membawa COSRX One Step Original Pad akan agak merepotkan karena kemasannya yang lumayan makan tempat. Kalaupun mau dipindah isinya sepertinya kemasan-kemasan traveling yang dijual di Miniso atau Gramedia begitu tidak ada yang desainnya cocok dengan isi toner pad ini. Beruntung banget aku membeli COSRX One Step Original Pad dengan gift wadah toner pad yang slim dan dapat dibawa bepergian tanpa memakan banyak tempat. Ini sih menurutku poin yang harus diperhatikan COSRX.

COSRX One Step Original Pad berisikan 70 pads atau kapas yang sudah basah dan dibanderol dengan harga Rp 270,000 (harga di Sociolla). Kalau dipakai setiap hari sih kapas ini habisnya sekitar dua bulan lebih ya, dengan perhitungan dipakai satu kali sehari, bukan yang dua kali sehari seperti mencuci wajah.

Ingredients:
COSRX One Step Original Pad mengandung Salix Alba (Willow) Bark Water, Butylene Glycol, Glycerin, Betaine Salicylate, 1,2-Hexanediol, Arginine, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Panthenol, Allantoin, Ethyl Hexanediol, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Sodium Hydroxide, Sodium Hyaluronate.

Bahan aktif yang digunakan pada COSRX One Step Original Pad adalah Willow Bark. Nah, Willow Bark ini yang termasuk eksfoliate golongan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang sifatnya lebih mudah larut dalam minyak, cocok untuk masalah wajah berminyak, berkomedo dan jerawat. Willow bark juga terkenal dapat mengangkat sel-sel kulit mati, memberi jalan bagi kulit agar segar, cerah dan bercahaya. Selain itu kalau diperhatikan, COSRX One Step Original Pad juga mengandung tea tree leaf oil yang memang terkenal bagus untuk melawan jerawat. Mantap kan? Jadi buat kalian yang kulitnya berminyak, acne prone skin dan banyak komedo, COSRX One Step Original Pad is for you.

Cara Pakai:
COSRX One Step Original Pad digunakan setelah mencuci wajah dengan facial wash. Kalian hanya perlu mengambil satu lembar toner pad dan gunakan bagian yang bertekstur untuk diusapkan ke seluruh bagian wajah dan leher. Setelah itu, gunakan bagian yang rata (tanpa tekstur) untuk ditap-tap lagi ke seluruh wajah dan leher.

COSRX One Step Original
Bagian bertekstur
COSRX One Step Original
Bagian halus

Penggunaan hydrating toner setelah menggunakan exfoliate toner ini sangat disarankan ya, terutama buat pemula. Contoh hydrating toner bisa kalian simak reviewnya di postingaku tentang Bioderma Sensibio Tonique (baca reviewnya di sini) atau Natural Pasific Rose Toner (review di sini).

Di sini aku akan menjelaskan bagaimana cara aku menggunakan COSRX One Step Original Pad yang tepat sesuai caraku. Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, itu kan isinya 70 pads, seharusnya kan habis satu bulan pemakaian kalau setiap hari dipakai di pagi dan malam?

  • Aku pribadi menggunakan COSRX One Step Original Pad ini dua hari atau tiga hari sekali dan hanya di malam hari setelah full beraktivitas karena rasanya aku ingin menghempas sel-sel kulit mati setelah kulit aku capek seharian bertemu make up, debu dan polusi.
  • Aku tidak akan menggunakan produk ini jika pada malam yang sama aku menggunakan masker berjenis clay mask atau charcoal mask. Jadi kalau hari itu aku tidak menggunakan si COSRX toner pad ini, aku akan menggunakan clay mask atau charcoal mask, begitu pula sebaliknya, biar ganti-gantian gitu.
  • Aku juga tidak menggunakan toner pad ini apabila di satu rentang waktu skincare rutinku terdapat produk yang mengandung scrub atau peeling agar tidak terjadi double exfoliate, karena hal tersebut dapat memicu wajah menjadi sensitif dan berpotensi breakout.

Sampai di sini paham kan alasanku kapan aku memakai si COSRX One Step Original Pad? Kalau kalian bertanya apakah toner pad ini dapat digunakan di pagi hari di skincare rutin kalian? Jawabannya boleh. Namun, aku sarankan kalian jangan lupa pakai sunscreen! Karena exfoliate toner dapat memicu sensitifitas kulit kalian apalagi di saat matahari sedang panas-panasnya. Gak pakai exfoliate toner aja kalian mesti banget pakai sunscreen, apalagi kalau pakai exfoliate toner. IT’S A MUST.

Alasanku tidak menggunakan COSRX One Step Original Pad di pagi hari karena aku menggunakan si Laneige Clear C Advanced Effector EX sebagai booster di pagi hari. Ya biar gantian aja gitu. Aku juga tidak mau sensitifitas kulitku semakin meningkat meskipun si COSRX toner pad ini tergolong exfoliate toner yang super duper ringan dan cocok buat pemula yang baru kenal exfoliate toner yang mengandung AHA/BHA/PHA.

Hasil di Kulitku:
Aku menggunakan COSRX One Step Original Pad sejak Januari 2019 karena waktu itu aku sempat jerawatan yang lumayan meradang di bagian pipi dan dagu. Hal yang aku rasakan ketika pertama kali menggunakan toner pad ini adalah kulitku terasa terhidrasi dengan baik, glowing yang sehat gitu. Produk ini setelah digunakan butuh waktu sesaat untuk menyerap, tapi finishnya bukan yang greasy bikin lengket gitu. Kalau kataku sih segar!

Setelah beberapa bulan tetap rutin menggunakannya, hal yang paling aku notice adalah komedo aku berkurang banget, terutama komedo putih (whitehead) yang biasanya banyak terdapat di bagian pipi atas, hidung dan dagu yang membuat kulitku terasa kasar. Kalau blackhead atau komedo hitam sih masih ada ya sampai sekarang, tapi jumlahnya benar-benar berkurang.

Kalau berbicara mengenai kemampuan COSRX One Step Original Pad mengurangi jerawat juga aku akui kalau produk ini dapat membantu mempercepat proses sembuhnya jerawat. Aku tidak mengatakan produk ini membuat kulitku bebas dari jerawat, tapi kalaupun ada jerawat, aku suka kompres pakai toner pad ini, jadi jerawatnya lebih cepat sembuh dan lebih jarang muncul.

Aku tidak berekspektasi kalau hasilnya sebagus itu, karena selama ini aku agak takut pakai produk chemical exfoliate dan berusaha menghempas komedo dengan rutin menggunakan produk yang ada scrubnya. Kalau scrubbing hasilnya halus seketika, tapi itu tidak benar-benar mengusir komedo, beberapa hari lagi pasti balik lagi.

Senang rasanya menemukan produk yang cocok di kulitku. Jadi kemungkinan besar aku akan repurchase COSRX One Step Original Pad setelah punyaku habis.

Hopefully these long story can help you to find the best skincare product that suits your skin. See you on my next post!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *